Cara Backup Data Android

Backup data merupakan hal penting yang harus dilakukan, demi menjaga keamanan data-data penting yang tersimpan. Banyak cara backup data Android yang tersedia untuk penyimpanan data yang bertugas untuk mencadangkan data yang ada, tanpa harus takut ketika ponsel terkena virus, data-data tersebut akan terkena virus atau bahkan menghilang. Keuntungan ketika melakukan backup data adalah kita bisa mengembalikan data yang sudah dicadangkan dan tetap akan aman meskipun ponsel atau sistem pembaruannya sudah berganti. Jikalau ada yang ingin mencadangkan data ke PC, terdapat pula cara backup data Android ke PC yang bisa membantu proses salin data.

Biasanya penyimpanan data di cara backup data Android ini bisa berupa foto, video, atau dokumen-dokumen penting. Nah dalam melakukan backup ini harus dilakukan secara berkala, agar semua data yang ada di ponsel terjaga keamanannya di setiap waktu. Agar nantinya selain ketika memori ponsel yang digunakan sudah tidak memadai atau ketika ponsel tiba-tiba menghilang, kita masih memiliki data yang telah tersimpan di cara backup data Android ke PC. Jadi kita pun tidak perlu bingung bagaimana nasib dari data-data yang ada di dalam ponsel, karena kita telah membackup data tersebut.

Aplikasi Backup Data Terbaik Android:

cara backup data Android

Banyak yang menganggap bahwa backup data ini tidak penting dan terlalu malas untuk dilakukan. Padahal cara backup data Android ini akan sangat membantu dalam penyalinan data, apalagi cara backup data Android ke PC. Berikut ini adalah beberapa aplikasi dan cara yang bisa dilakukan untuk membackup data.

  1. Google Drive

Google Drive menjadi cara backup data Android yang paling sering digunakan. Kemudahan dan kecepatan dalam mengunggah data ke aplikasi penyimpanan data ini, sangat memudahkan para pengguna. Aplikasi ini biasanya sudah menjadi bawaan ponsel ketika pertama kali membelinya, karena merupakan anak dari Google yang biasanya digunakan sebagai penyambung akun Gmail pada ponsel. Nah cara untuk mengunggah data penting ke Google Drive sangat mudah, yuk simak caranya!

  • Jika ternyata pada ponsel belum tersedia aplikasi Google Drive, bisa mengunduh terlebih dahulu di Playstore.
  • Lalu buka aplikasi dan mulai install.
  • Kalau sudah, bisa klik tanda “+” yang biasanya berada di pojok kanan bawah.
  • Nah selanjutnya, bisa pilih data mana saja yang ingi di-backup ke Google Drive.
  • Tunggu sebentar, dan data-data yang dipilih telah diupload serta tersimpan dengan aman di Google Drive.

Pada aplikasi Google Drive ini bisa megunggah satu file saja atau bahkan satu folder dan juga membuat folder, agar bisa memudahkan saat proses pencarian nantinya.

  1. Dropbox

Layanan cloud yang kedua adalah aplikasi Dropbox. Aplikasi ini juga sempat menjadi ratu bagi yang ingin menyalin datanya agar tetap terjaga dengan aman. Nah berikut ini adalah langkah-langkah untuk menyimpan dan menyalin data di Dropbox:

  • Unduh dan install aplikasi Dropbox di Playstore secara gratis.
  • Jika sudah, buka dan buat akun Dropbox dengan menggunakan alamat email dan password.
  • Selanjutnya klik “Upload File” dan pilih file atau folder mana saja yang ingin diunggah di Dropbox.
  • Kemudian, seluruh file yang diamankan di aplikasi Dropbox sudah tersimpan dengan baik.
  1. G Cloud

Untuk aplikasi G Cloud ini tidak pelu repot-repot melakukan rooting terlebih dahulu pada ponsel. Aplikasi ini akan sangat memudahkan proses penyalinan data dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  • Unduh dan install terlebih dahulu aplikasi G Cloud di Playstore.
  • Jika sudah, buka aplikasi dan berikan persetujuan ketika aplikasi ingin membaca data yang ada di ponsel.
  • Kemudian, pilihlah file yang ingin diamankan di G Cloud dan jika sudah klik tombol yang ada di sudut kanan bawah.
  • Selanjutnya klik “Backup Now” dan proses backup pun sedang berjalan.

Minusnya dari aplikasi ini adalah hanya mampu menyimpan 1GB file saja, jika ingin lebih bisa mengunduh aplikasi versi premiumnya ya.

  1. Google Backup

Aplikasi anakan Google yang satu ini juga bisa membantu penyimpanan data dengan aman, tanpa perlu takut kehilangan data. Nah tak hanya foto, video, atau dokumen saja yang akan tersimpan dengan baik, tapi aplikasi ini akan secara otomatis melakukan pecadangan password WiFi, history call, bahkan data aplikasi. Langkah-langkahnya pun sangat mudah, cukup klik “Setting – Sistem – Backup & Reset – Google Backup atau Backup My Data” dan selesai. Semua datamu akan aman ketika sudah mengakhiri penyimpanan di Google Backup.

  1. Local Backup

Selain menyediakan fasilitas menyalin data, aplikasi Local Backup yang di beberapa ponsel sudah menjadi bawaan juga bisa mengembalikan foto yang sempat terhapus. Data-data yang sudah di-backup akan tersimpan dalam memori ponsel, sehingga akan lebih memudahkan proses pencarian. Langkah-langkahnya adalah klik “Setting – Sistem – Backup & Reset”, lalu klik opsi backup secara lokal dan proses sistem salin data pun sudah selesai.

Cara Backup Data Android Ke PC

cara backup data Android ke PC

Nah bagi yang ingin melakukan backup data ke PC, seperti yang diketahui bahwa sistem operasi Windows pun terdapat pula fitur untuk mem-backup data. Data yang ingin di-backup bisa dilakukan lewat ponsel, harddisk, atau bahkan flashdisk. Langkah-langkahnya pun sangatlah mudah untuk dilakukan dan otomatis data-data yang disalin akan aman. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, bisa memulai dengan masuk ke menu Control Panel.
  2. Kemudian masuk ke menu Windows, buka Control Panel lalu menuju ke System & Security.
  3. Selanjutnya, bisa pilih “Backup & Restore” sebelum memulai backup
  4. Lalu pilih akan disimpan di mana data yang disalin dan klik “Next”.
  5. Ketika sudah menentukan tempat penyimpanan datanya, akan muncul notifikasi file apa saja yang ingin di-backup. Di sini kita bisa memilih file mana saja yang akan disalin dengan klik “Let Me Choose” atau bahkan bisa dilakukan secara manual dan klik “Next”.
  6. Nah kita bisa memilih waktu proses backup yang akan dilakukan untuk penyalinan data secara berkala.
  7. Jika sudah, klik “Save Settings and Run Backup” untuk memulai proses salin data.
  8. Proses salin data akan berjalan sesuai dengan file yang telah dipilih, tapi kecepatan unggah file tergantung dari besar atau tidaknya file data tersebut.

Beberapa cara backup data Android di atas bisa dijadikan referensi bagi yang memang ingin menyalin data penting. Ketiganya bisa sama-sama digunakan untuk menyimpan data sekaligus, sehingga akan sangat aman data-data pribadi. Bahkan aplikasi tersebut pun juga bisa menjadi cara backup data Android ke PC juga lho. Yuk amankan datamu!

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *