Cara Membuat Aplikasi Android Dengan Android Studio

Android studio merupakan sebuah aplikasi yang dapat dipakai untuk membuat aplikasi baru pada android. Cara membuat aplikasi android dengan android studio membutuhkan beberapa tahap yang harus dilalui secara runtut dan teliti. Untuk bisa membuat sebuah aplikasi baru, Anda harus belajar lebih banyak tentang android studio agar proses pembuatan lebih mudah karena Anda sudah paham cara kerjanya.

Membuat aplikasi android dengan android studio terbilang cukup mudah jika Anda benar-benar ingin mencoba dan belajar lebih giat lagi. Karena tidak ada kata tidak bisa dan menyerah selagi Anda berusaha. Dengan android studio, Anda bisa membuat berbagai macam aplikasi baru yang bisa digunakan oleh pengguna android. Tentunya untuk membuat sebuah aplikasi, Anda membutuhkan pengetahuan tentang tata cara atau tutorial proses pembuatannya.

Cara Membuat Aplikasi Menggunakan Android Studio

cara menggunakan android studio

Android studio sepenuhnya didukung oleh google sehingga banyak tipe nadroid yang menggunakan dan sudah terpercaya. Prosedur pembuatan aplikasi baru menggunakan android studio memang membutuhkan beberapa langkah yang harus ditempuh supaya pembuatan aplikasi tersebut berhasil. Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk menggunakan android astudio :

  1. Lakukan unduh dan install android studio

Cara Menggunakan Android Studio yang pertama dilakukan yaitu mengunduhnya pada google play store apabila belum ada pada android Anda. Cara mengunduhnya juga cukup mudah, Anda tinggal masuk pada aplikasi play store kemudian ketikkan di kolom pencarian dengan tulisan android studio lalu unduh. Setelah aplikasi berhasil diunduh, langsung lakukan install aplikasi agar bisa cepat digunakan.

  1. Lakukan creat android project dalam aplikasi

Apabila aplikasi android studio telah terinstal pada smartphone, maka langkah selanjutnya yaitu dengan masuk ke aplikasi. Kemudian setelah itu lakukan creat android project pada aplikasi, kemudian isi kolomnya lalu klik next. Setelah itu akan muncul kolom berupa target android devices, isikan kolom yang kosong lalu lanjut klik next yang ada di bawah kolom. Dengan langkah tersebut maka akan muncul kolom baru bertuliskan add an activity to mobile pada kolom tersebut tekan tombol next. Akan muncul kolom terakhir yang berjudul configure activity yang berarti melakukan konfigurasi pada tahap akhir dan tulis informasi pada kolom kosong lalu tekan finish.

  1. Lihat tampilan environment android

Dalam proses membuat aplikasi android dengan android studio Anda hanya memperhatikan dua tampilan saja pada tampilan environment. Kedua tulisan tersebut adalah main activity dan activity_main.xml. Apa  penjelasan dari kedua tulisan tersebut dan apa fungsinya? Main activity merupakan salah satu bahasa aplikasi menggunakan java class. Dengan java class ini, Anda bisa melakukan coding untuk membuat proses aplikasi bekerja. Sedangkan activity_main.xml adalah sebuah file yang digunakan untuk medukung main activity. Dengan kata lain activity_main.xml merupakan tampilan dari proses aplikasi.

  1. Mengisi kolom hello world

Untuk lebih detailnya cara mengisi kolom atau tampilan environment yaitu dengan membukan tab activity_main.xml, kemudian tunggu hingga tab desain activity_main.xm terbuka dalam tampilan. Tekan tulisan hello world kemudian edit tulisan tersebut menjadi selamat datang di aplikasi saya. Setelah itu kembalikan lagi ke tab activity_main.xm dan pastikan bahwa tulisan hello world tadi menjadi tulisan selamat datang di aplikasi saya.

  1. Buat tombol atau tambahkan button

Langkah selanjutnya yaitu dengan masuk kembali pada tab desain yang menampilkan activity_main.xml kemudian masuk pada menu palette. Dalam menu pallete tersebut, Anda bisa mencari tombol button yang berada di sebelah kiri pada layar. Tekan tombol button kemudian diseret untuk diletakkan pada tulisan hello world. Setelah itu masuklah pada menu properties lalu scroll ke bawah sampai menemukan tulisan teks. Kemudian Anda bisa ubah tulisan button menjadi tulisan halaman berikutnya. Selanjutnya Anda arahkan ke bawah lagi pada menu properties lalu ganti tulisan on click menjadi kata pindah.

  1. Membuat activity yang baru

Masuk pada sistem file proyek dan lihatlah dibagian atas kemudian Anda klik kanan pada tombol app. Pilih tulisan new pada kolom lalu klik activity dan pilih lagi tombol empty activity. Ubahlah tulisan aktivitas yang ada disana menjadi sebuah tulisan secondactivity. Tekan tombol finish yang berada di bawah kolom. Setelah selesai, maka pastikan Anda berada pada tampilan desain menu activity_main.xml. Lakukan drag pada tullisan di kolom pallete ke arah tengah untuk mempermudah. Pilihlah komponen tulisan textview dengan cara mencari tombol id pada menu properties dengan mencarinya disebelah kanan kolom. Lakukan setelan text2, kemudian ubah text2 tersebut menjadi tulisan selamat datang di halaman 2.

  1. Menambahkan menu methode on clikck

Jika cara sebelumnya sudah Anda coba, maka langkah selanjutnya yaitu dengan mengeklik tombol main activity java dan akan mucul beberapa kode java yang menjadi bahasa programer. Cara ini dapat digunakan untuk menuju langkah selanjutnya dengan menambahkan fungsi nyata dari tombol one click methode. Apabila cara ini berhasil dilakukan maka Anda akan memasuki langkah berikutnya yang bisa dibilang hampir selesai.

  1. Uji coba dan lakukan run aplikasi

Dalam proses ini Anda pilih ikon run app yang bercirikan tulisan berwarna hijau. Kemudian lakukan klik pada emulator atau jika belum ada, maka buat terlebih dahulu emulator bawaan dari aplikasi android studio. Kemudian klik oke pada kolom yang terdapat dibawahnya. Jika berhasil, maka akan muncul kolom yang bertuliskan helloworld dan ada tulisan halamam berikiutnya pada sisi tengah kolom. Kemudian masuk lagi ke kolom dua dengan tulisan selamat datang di halaman 2.

  1. Macam-macam software android

Beberapa macam jenis software pembuat aplikasi android diantaranya yaitu, eclipse, apache corrdova, unity, adobe flash, netbeans, xamarin, dan beberapa software lainnya. softwarre-software tersebut bisa dipakai untuk membuat sebuah aplikasi baru di android selain menggunakan aplikasi android studio. Banyak fitur yang melengkapi masing-masing aplikasi dengan bahasa pemrograman yang berbeda dan harus dipelajari untuk bisa berhasil membuat palikasi baru tersebut. syarat utama dalam membuat aplikais baru pada android yaitu dengan cara banyak membaca, banyak belajar dan banyak mencoba.

  1. Contoh aplikasi yang dihasilkan android studio

membuat aplikasi android dengan android studio

Banyak aplikasi yang bisa dihasilkan dari aplikasi android studio, tinggal bagaimana Anda membuat dan mendesain aplikasi tersebut. Beberapa contoh aplikasi android studio yang dihasilkan berupa aplikasi edit foto, edit video, aplikasi animasi, aplikasi penghitung atau kalkulator, aplikasi penjualan, aplikasi game dan masih banyak aplikasi lain yang tidak kalah menarik. Hanya dengan menggunakan android studio, Anda bisa menghasilkan berbagai macam aplikasi baru yang lebih modern.

Di atas telah dijelaskan berbagai tahapan cara membuat aplikasi android dengan android studio secara detail da jelas. Maka dari itu, untuk membuat aplikasi baru menggunakan android studio, Anda harus melakukan tahapan di atas dengan seksama agar berhasil menghasilkan aplikasi yang baru dan canggih.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *