Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Android

Kehilangan foto-foto di galeri ponsel yang tidak disengaja akan membuat kita merasa sangat sedih dan kebingungan bagaimana cara mengembalikan foto yang terhapus di Android. Namun, terkadang kita juga harus menghapus beberapa file, foto, ataupun video yang membuat memori ponsel penuh dan mengharuskan untuk menghapus beberapa file yang ada. Tapi, ada pula sistem yang sengaja menghapus beberapa file karena memang memori ponsel yang sudah penuh, seperti root perangkat android, flashing, kembali ke pengaturan pabrik, atau malah perangkat Androidnya yang mengalami kerusakan.

Bila diingat, di PC terdapat fitur recycle bin yang bisa mengembalikkan file-file yang sengaja atau memang dihapus, tapi jika di ponsel tidak ada fitur tersebut. Namun, bagi yang tiba-tiba kehilangan file, foto, atau video dalam ponsel tidak perlu khawatir, karena ada cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kembali yang pernah hilang sebelumnya. Ketika nantinya beberapa foto yang hilang sudah kembali lagi, terdapat aplikasi edit foto Android terbaik, sepeti VSCO, Lightroom, PicsArt, Nichi, dan masih banyak lagi aplikasi kekinian yang ditemukan di playstore.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android

cara mengembalikan foto yang terhapus di Android

Terdapat banyak sekali aplikas-aplikasi terbaik yang diperuntukkan untuk mengembalikkan file yang hilang dengan sengaja ataupun tidak di ponsel. Nah berikut ini beberapa aplikasi atau cara untuk mengembalikan foto yang terhapus di Android yang bisa dipilih untuk mengembalikan kenangan, serta adapula beberapa pilihan aplikasi mengembalikan foto Android terbaik:

  1. Aplikasi DigsDigger

Aplikasi untuk cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang pertama adalah dengan menggunakan DigsDigger. Aplikasi ini bisa diunduh di playstore dan tidak sangat memakan memori yang ada di handphone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Setelah unduh dan install aplikasi DigsDigger.
  • Klik “Accept” apabila aplikasi ingin mengakses root.
  • Lalu pilih foto ataupun file yang ingin dipulihkan.
  • Kemudian tentukan format dan klik “Oke”.
  • Selanjutnya DigDigger akan melakukan scan untuk foto atau file yang ingin dikembalikan.
  • Tunggu beberapa detik sampai pemindaian selesai, aplikasi akan memperlihatkan file atau foto yang dihapus dari drive ponsel.
  • Pilih file, lalu save dan selesai.
  1. Undeleter Recover File and Data

Nah untuk aplikasi yang satu ini, tidak hanya akan mengembalikan foto, tapi juga sms atau text yang sudah dihapus sebelumnya. Meski gratis, tapi untuk penggunaan fitur secara penuh harus membelinya. Berikut ini cara atau langkah-langkah yang bisa diikuti:

  • Unduh dan install aplikasi Undeleter Recover File and Data di Playstore.
  • Buka aplikasi dan klik “Izinkan” jika aplikasi ingin mendapatkan persetujuan untuk akses root.
  • Klik bagian “Restore Fie” atau “Restore Data”.
  • Kemudian cari file atau foto, baik di memori iternal atau eksternal.
  • Setelah itu kita bisa memilih untuk Journal Scan atau Deep Scan. Journal Scan sendiri untuk mengembalikan semua file termasuk foto, text, atau file-file lainnya, tapi untuk Deep Scan hanya file yang akan kita pilih yang akan dikembalikan.
  • Setelah ditentukan, klik “Scan” dan biarkan aplikasi melakukan proses pengembalian foto.
  • Ketika foto atau file yang dikembalikan sudah terlihat, kita bisa klik ikon pojok kanan atas untuk menyimpan kembali foto yang sudah ketemu.
  1. Restore Image

Aplikasi yang dikeluarkan oleh AlpacaSoft ini merupakan aplikasi yang mudah digunakan ketika ingin memulihkan file atau foto yang hilang. Selain mudah, aplikasi ini juga tidak memerlukan root saat akan digunakan dan hanya perlu mengunggahnya, lalu biarkan aplikasi membaca dan mengembalikan foto yang hilang dan terhapus.

  1. DigDeep Image Recovery

Tak hanya Restore Image yang bisa dilakukan dengan sangat mudah, aplikasi DigDeep Image Recovery pun sangat mudah diaplikasikan ketika foto menghilang atau terhapus. Cara mengembalikan foto yang terhapus di Android dengan DigDeep Image Recovery adalah cukup dengan mengunggah aplikasi dan menginstalnya, lalu biarkan aplikasi bekerja sendiri untuk mengembalikan foto-foto yang terhapus.

  1. Dumpster

Aplikasi ini bertindak sebagai keranjang sampah di ponsel, sama seperti recycle bin yang ada di PC. Meski mudah, tapi aplikasi Dumpster hanya diperuntukkan untuk mengembalikan file atau foto yang hilang setelah mengunggah aplikasi ini. Nah berikut ini beberapa langkah-langkah yang bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Dumpster:

  • Unduh dan install aplikasi Dumpster.
  • Buka aplikasi dan izinkan ketika aplikasi akan membaca data-data yang ada di ponsel.
  • Pilih dan simpan file atau foto yang sebelumnya hilang.
  • Setelah memilih, hapus semua foto atau file dari penyimpanan internal dan eksternal dan biarkan aplikasi menyimpan file atau foto tersebut ke ponsel.

Aplikasi Foto Terbaik Android

aplikasi kamera terbaik android

Nah bagi yang masih bingung tentang aplikasi untuk foto terbaik Android, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa diunggah di ponsel kesayangan:

  1. Lightroom

Aplikasi edit foto Android terbaik yang sedang happening saat ini adalah Lightroom. Aplikasi yang bisa apa saja ini, sangat berbeda dari segi preset yang ada karena selain yang tersedia di fitur Lightroom, kita sebagai pengguna pun bisa bereksperimen dengan membuat preset sendiri. Preset ini bisa dibuat sendiri dengan mencocokkan dengan foto yang akan diedit, atau juga bisa searching tentang resep preset, baik di Twitter atau di Google. Foto-foto yang diedit dengan menggunakan preset Lightroom akan terlihat nyata dan sangat berbeda ketika menggunakan aplikasi edit foto yang lainnya.

  1. VSCO

Sempat sangat digandrungi banyak pecinta edit mengedit foto dengan berbagai filternya yang tersedia, kini posisi VSCO agak di belakang Lightroom. VSCO juga memberikan beberapa filter pilihan yang tersedia dan juga sebagai pengguna pun bisa membuat filter dengan sesuka hati. Namun, hasilnya akan sangat berbeda dengan Lightroom yang lebih jelas dan terasa nyata. Biasanya VSCO digunakan ketika foto yang telah di edit di Lightroom atau aplikasi edit foto lainnya terasa kurang hidup tingkat warnanya.

  1. Snapseed

Biasanya Snapseed ini hanya digunakan untuk mencerahkan atau menggelapkan foto, menghilangkan beberapa objek yang mengganggu, atau juga untuk mengeksport foto ke JPG. Snapseed memiliki alat untuk mengedit paling lengkap dengan 29 alat dan filter, bahkan bisa digunakan untuk foto berformat RAW dan DNG.

Nah begitulah beberapa aplikasi edit foto Android terbaik dan cara mengembalikan foto yang terhapus di Android yang bisa dipilih untuk mengembalikan foto-foto yang tidak sengaja hilang. Tapi, adapun cara lain untuk berjaga-jaga agar foto tidak hilang adalah dengan back up semua foto atau bahkan file yang ada ke akun Google Drive untuk penyimpanan yang lebih aman.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *