Cara Menghilangkan Iklan di Android

Sebagai pengguna ponsel pintar, kita akan merasa terganggu ketika sedang asik scroll timeline di sebuah situs online atau sedang searching sesuatu yang penting, tiba-tiba muncul iklan yang tidak diinginkan. Bahkan iklan tersebut sampai berulang kali muncul hingga membuat kita lebih memilih untuk mengakhiri aktifitas tersebut. Nah terdapat beberapa cara menghilangkan iklan di Android khususnya, agar menghentikan iklan-iklan yang dianggap tidak penting. Cara menghilangkan iklan di Google Chrome ini beberapa juga bisa membawa virus perusak atau malware yang akan berdampak buruk kepada ponsel kita. Tentunya tidak ada yang menginginkan ponsel kesayangan menjadi rusak hanya karena masalah iklan yang sering muncul saat asik brwosing bukan?

Nah beberapa cara menghilangkan iklan di Android ada yang harus melalui root ponsel Android, padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk ponsel kesayangan. Selain itu, cara menghilangkan iklan di Google Chrome pun sangat mudah untuk dilakukan, karena terdapat beberapa langkah-langkah agar iklan atau bahkan malware yang muncul mampu dihalau, dan tidak akan kembali lagi mengganggu aktifitas browsing yang sedang dilakukan. Tak hanya membawa virus yang bisa membuat perangkat ponsel menjadi terganggu, dengan adanya iklan yang muncul juga akan menyedot pulsa atau paket data kita. Nah maka dari, kita harus menghalau iklan yang muncul di ponsel, agar tidak membuat kita tekor

Langkah-langkah Menghilangkan Iklan Handphone Android:

cara menghilangkan iklan di Android

Berikut ini akan diberikan tips and trick cara menghilangkan iklan di Android dengan menggunakan aplikasi, juga beberapa cara mengilangkan iklan di Google Chrome yang bisa disimak dengan seksama. Yuk simak bersama-sama!

  1. Menggunakan AdBlock Plus (ABP)

Aplikasi pertama sebagai cara menghilangkan iklan di Android adalah AdBlock Plus (ABP) yang tak hanya menghilangkan tapi juga memblokir iklan, baik di browser, gim, atau aplikasi lainnya. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Kita mulai masuk ke Pengaturan – Aplikasi dan cek apakah Keamanan Versi 4.0 untuk smartphone yang sedang digunakan.
  • Temukan “Unknown Sources” lalu klik “Checkbox”.
  • Klik bagian “OK”, saat aplikasi meminta sejumlah persetujuan.
  • Nah jika sudah maka kamu bisa beralih ke Playstore dan mulai mengunduh aplikasi AdBlock Plus (ABP).
  • Kemudian ketika aplikasi sudah terinstall, lakukan penyetingan. Aplikasi akan meminta “Super User Permissions”, terutama untuk Android yang sudah di-
  • Tapi jika ponsel Androidmu belum di-root bisa masuk ke “Setting Proxy” dengan klik Setting – WiFi – lalu tekan nama WiFi dalam waktu yang lama.
  • Setelah itu pilihlah Modify Network – Show Advanced Options – Proxy Settings.
  • Ubah bagian “Proxy” menjadi “Localhost”, kemudian masukkan “Proxy Port” yang diberikan oleh ABP.
  1. Menggunakan Noroot Firewall

Aplikasi yang satu ini hanya bisa untuk menghentikan dan memblokir iklan yang muncul di aplikasi dan saat melakukan browsing saja, tapi tidak bisa untuk memblokir iklan yang muncul pada gim online. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Unduh dan install aplikasi Noroot Firewall terlebih dahulu.
  • Pada layar ponsel akan menampilkan beberapa “Daftar Aplikasi”, yang mana tinggal pilih saja mana iklan yang ingin dihentikan atau di-block sekaligus, pada bagian “Pilih Aplikasi”.
  • Lalu kita tinggal klik pada bagian kolom dan keluarlah tanda “Centang” yang menandakan bahwa iklan-iklan tersebut sudah dihentikan dan di-blokir.
  1. Menggunakan AdGuard

Selain mampu menghalau dan memblokir iklan yang tidak diinginkan, aplikasi AdGuard juga bisa menjaga perangkat ponsel dari malware dan virus yang membahayakan sistem ponsel. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan AdGuard untuk memblokir iklan:

  • Unduh dan install aplikasi AdGuard terlebih dahulu.
  • Jika sudah klik “Gambar Icon Power” yang terletak di tengah atas layar dan klik “OK”.
  • Kemudian klik “OK” saja, ketika muncul notifikasi perizinan.
  • Tunggu beberapa saat dan aplikasi AdGuard sudah selesai melakukan setting aplikasi.
  1. Menggunakan AdAway (Rooted Only)

Nah untuk aplikasi AdAway ini hanya diperuntukkan bagi yang memang ponselnya sudah di-root. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Sebelum mengunduh aplikasi, pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel pintarmu sudah di-root.
  • Jika sudah, unduh aplikasi AdAway dan install sampai selesai.
  • Selanjutnya cukup pilih “Download Files and Apply Ad Blocking” untuk mengkatifkan aplikasi AdAway, bukan “Disable Ad Blocking”.
  • Tunggu sebentar hingga muncul notifikasi “Applying Succesfull” dan cukup klik “Yes” untuk memulai.
  • Ponsel akan melakukan restart dengan sendirinya secara otomatis, hingga nantinya iklan-iklan yang tidak diinginkan tidak muncul kembali.
  1. Menggunakan Google Chrome

cara menghilangkan iklan di Google Chrome

Bagi yang merasa terganggu dengan iklan, malware, dan pop-up yang muncul saat sedang melakukan browsing lewat Google Chrome, bisa mengikuti beberapa cara menghilangkan iklan di Google Chrome, seperti berikut:

  • Buka Chrome pada PC atau komputer.
  • Klik “Setelan” bagian kanan atas.
  • Jika sudah, klik “Lanjutkan” di bagian bawah.
  • Untuk Chromebook, Linux, dan juga Mac pada bagian “Setel Ulang Setelan” bisa klik “Memulihkan” untuk setelan ke default aslinya. Tapi untuk Windows, pada bagian “Setel Ulang dan Bersihkan” bisa dilakukan dengan cara klik “Setel Ulang Setelan – Setel Ulang Setelan.”

Nah bagi yang ingin menyetel ulang setelan browser dengan beberapa eksistensi, perlu dilakukan pengaktifan kembali. Caranya gampang, cukup menuju ke pojok kanan atas, lalu klik “Lainnya – Fitur Lainnya – Eksistensi”. Nah jika sudah, kita bisa memilih iklan mana saja yang memang tetap dibiarkan muncul di layar ponselmu. Tapi, jika ternyata sudah menonaktifkan iklan yang dipilih tapi tetap muncul juga, bisa menghubungi Forum Bantuan Chrome. Serta bagi yang merasa takut akan software berbahaya, silakan melaporkan masalah tersebut agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak Google.

  1. Menggunakan UC Browser

Sebagai salah satu sistus browser yang memiliki kecepatan luar biasa ini, membuat UC Browser bisa menjadi salah satu pilihan untuk menghentikan dan memblokir iklan di Google Chrome. Berikut ini cara yang bisa dilakukan dengan sangat mudah:

  • Unduh dan install UC Browser.
  • Setelah itu cukupm masuk ke Setting – Add ons – Ad Block.
  • Lalu aktifkan “Ad Blocker” dan juga “Powerfull Ad Blocker” sebelum menghilangkan beberapa iklan yang tidak penting dan mengganggu.
  • Nah UC Browser akan dengan sendirinya menghilangkan iklan yang mengganggu, agar tidak muncul lagi saat sedang asik browsing.

Itulah beberapa aplikasi pilihan untuk cara menghilangkan iklan di Android dan juga cara menghilangkan iklan di Google Chrome, yang bisa diaplikasikan ketika memang sudah sangat terganggu dengan iklan-iklan yang tidak penting dan membahayakan perangkat ponsel. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *