Efek dan Cara Menghilangkan Malware di Android

Melalui smartphone berbasis android seseorang bisa menjalankan aplikasi yang diinginkan. Mulai dari bermain game, chatting, mencari informasi, hingga berfoto. Banyaknya aplikasi yang bermunculan dan menawarkan berbagai fitur, menjadikan masalah apabila aplikasi yang diunduh telah terjangkit virus. Bahkan virus tersebut bisa saja menyamar menjadi aplikasi yang kamu butuhkan. Hal tersebut akan berbahaya bagi smartphone karena jika android telah terjangkit virus maka akan menyebabkan smartphone tidak berfungsi secara optimal. Salah satu virus di android yatu malware.

Malware akan merusak atau mencuri data mu. Oleh sebab itu, penting mengetahui bagaimana cara menghilangkan malware di android agar smartphone mu tetap aman. Simak penjelasannya di bawah ini.

Efek Yang di Timbulkan Malware

cara menghilangkan malware di android

Ketika smartphone mu mendadak lemot, kinerjanya tidak optimal, atau baterainya cepat habis, mungkin android mu diserang malware atau virus. Cara menghapus malware di android sebenarnya bisa melalui anti virus. Akan tetapi smartphone yang telah terlanjur terserang malware akan ada beberapa hal yang ditimbulkan. Berikut diantaranya:

  1. Kinerja smartphone menurun

Malware akan melakukan banyak aktivitas tersembunyi pada android. Karena hal itu menjadikan kinerja smartphone menjadi melambat dan tidak optimal. Smartphone juga akan cepat panas yang pada akhirnya menyebabkan performa smartphone menurun.

  1. Pemakaian data yang besar

Ternyata pemakaian data yang besar juga bisa disebabkan oleh malware. Malware akan mencuri data sperti kontak, alamat email, nomor kartu kredit, username dan lainnya. Jika malware berhasil mencurinya maka ia akan mengirim data tersebut ke internet tanpa kamu sadari. Hal itulah yang menyebabkan penggunan kuota mu lebih besar dan cepat habis dari biasanya.

  1. Baterai cepat habis

Hal yangpaling mudah disadari ketika smartphone terkena malware yaitu baterainya yang cepat habis. Walau kamu bisa mengatasinya dengan mengatifkan daya penghemat, malware tidak bisa dibiarkan karena bisa menyebabkan makin dayanya semakin boros. Oleh sebab itu, mengetaui cara menghilangkan malware di android penting.

  1. Sering terputus ketika menelpon

Panggilan telepon yang terputus karena jaringan yang buruk itu memang sangat biasa, namun jika jaringan mu bagus tapi telepon sering terputus, bisa jadi itu ulah malware. Karena ia diprogram untuk merusak apa yang ada dalam android.

Cara Menghapus Malware di Android

cara menghapus malware di android

Jika android mu telah mendekati tanda-tanda terkena malware maka kamu harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya. Malware akan lebih berbahaya apabila disisipkan pada aplikasi lain yang akan menyebabkan aplikasi lain ikut terkena dampaknya. Malware juga bisa semakin menyebar pada smartphone yang memungkinkan menyebabkan kerusakan tinggi. Maka dari itu kamu harus menghentikannya. Inilah beberapacara menghapus malware di android.

  1. Gunakan antivirus

Cara menghilangkan malware di android paling umum yaitu dengan antivirus. Masih banyak dari orang-orang yang menanyakan pentingnya antivirus di android. Apabila RAM dan memori internalnya besar maka penting. Karena untuk mencegah datangnya virus jahat yang ingin masuk ke android. Disarankan juga sebaliknya kamu membeli aplikasi antivirus. Mengapa? Karena fitur yang digunakan terbatas sementara aplikasi yang kamu unduh semakin banyak.

  1. Aktikan fitur keamanan smartphone

Beberapa android seperti xiomi, vivo, dan asus telah dibekali fitur khusus keamanan yang disebut mobline manager atau securit. Fitur tersebut mendukung antivirus bawaan smartphone yang sangat efektif untuk mendeteksi dan menghapus virus pada android. Cara menghilangkan malware di android dengan fitur keamanan ini memang sangat menguntungkan.

  1. Masuk safe mode

Selain menggunakan antivirus prabayar, kamu bisa menggunakan cara gratis lainna yaitu dengan masuk pada safe mode. Akan tetapi hal ini hanya efektid apabila smartphone mu benar-bena terkena malware. Untuk masuk pada safe mode tiap perangkat berbeda-beda. Cara menghilangkan malware di android dengan ara ini mungkin agak rumit, tapi bukan berarti sulit. Untuk masuk dengan mudah kamu bisa menggunakan bantuan quick reboot. Setelah masuk maka periksa daftar aplikasi pada menu “setting-applicatuons” jika ditemukan hal yang mencurigakan maka kamu bisa langsung menghapus aplikasi terebut.

  1. Mengindari malware

Setlah kamu mengetahui cara menghapus malware di android, maka kamu juga perlu untuk menghindarinya agar android mu bebas dari virus. Agar terhindar dari malware maka disarankan untuk tidak sembarangan menginsall aplikasi. Ada baiknya kamu mengecek terlebih dulu hal-hal yang terkait developer aplikasi tersebut. Jangan sembarangan mendownload aplikasi atau situs di lain tempat keculi play store. Web yang kamu kunjungi bisa jadi tidak aman. Hindari mengizinkan apliasi untuk mengakses pada android mu.

Cara Mengilangkan Pop-up Iklan

Banyak masalah yang ditimbulkan oleh malware yang telah menyebar pada android atau komputer mu. Seperti browsing dibajak dan diarahkan ke halaman lain, peringatan tentang virus terdeteksi, sampai iklan pop up yang sering tidak bisa ditutp. Halhal tersebut sangat mengganggu bukan. Apalagi iklan yang menutupi halaman yang dibutuhkan. Nah inilah cara menghilangkan pop up iklan di android.

  1. Menghapus aplikasi yag bermasalah

Penghapusan aplikasi bertujuan untuk membersihkan malware. Caranya matikan smartphone mu lalu hidupkan kembali. Satu-persatu aplikasi yang bermasalah tadi dihapus. Setiap menghapus aplikasi maka nyalakan ulang peraingkat seperti biasa. Setelahnya kamu bisa menambahkan aplikasi lain.

  1. Lindungi perangkat

Dalam langkah cara menghilangkan pop up iklan di androidselanutnya yaitu dengan melindungi perangkat dari apikasi yang bermasalah. Kamu bisa mengatifkan play protcet pada perangkat android. Buka aplikasi paly store dan cari meny “play protect” lalu aktifkan dengan memilih “pindai ancaman keamanan di perangkat”.

  1. Hentikan notifikasi dari situs

Menonaktifkan pemberitahuan dari sebuah situs menjadi lanhkah berikutnya. Untuk izin nonaktifkannya maka kamu harus membuka aplikasi chrome. Buka halaman web dan cari kolom URL pada bagian kanan, lalu klik “info”. Pilih “setelan situs” dan dibawanya “izinkan” dan tap notifikasi. Apabila kamu tidak melihat “notifikasi” atau “izin” maka notifikasi situs tersebut telah atif.

  1. Berusaha menghindari malware

Setelah menghilangkan pop up iklan ada baiknya kamu juga menghindri malware. Caranya hampir mirip dengan cara menghilangkan malware di android. Ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan. Diantaranya mewaspadai konten yang menjanjikan hal tidak masuk akal yang akan memberikan hadiah secara gratis. Selanjutnya berhati-hatilah pada peringatan tentang virus, situs tersebut sedang mencoba memanfaatkan mu agar mendownload software yang tidak diinginkan.

Download file yang sudah terjamin keamananya. Jika pop up mengenai mengupdate atau mendownload program tampak mencurigakan, maka jangan klik. Sebaiknya kamu membuka situs resmi program trsebut dan mendownlodnya melalui situs tersebut.

Itulah bagimana cara menghilangkan malware di android. Ada beberapa cara, sebaiknya kamu memilihnya dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Selamat mencoba.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *