Rekomendasi Software Pembuat Aplikasi Android Terbaik

Pada zaman modern ini sebagian besar orang memiliki smartphone dan menggunakannya sebagai penunjang kegiatan sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi dengan orang lain, mencari informasi, berbelanja, mengirim email, hingga berfoto. Hal tersebut dilakukan dengan mengoperasikan aplikasi android yang memiliki teknologi canggih. Kita tahu jika membuat aplikasi android tentu memerlukan kemampuan programer yang handal hingga terciptalah sebuah aplikasi. Untuk mengembangkan atau membuat aplikasi tersebut dibutuhkan juga aplikasi berbasih desktop. Maka dari itu kamu membutuhkan software pembuat aplikasi android.

Apa saja software yang bisa membuat aplikasi android? Kemudian sudahkah kamu tah bagaimana cara membuat aplikasi android dengan ecliose? Temukan jawabannya di bawah ini.

Rekomendasi Software Pembuat Aplikasi Android

software pembuat aplikasi android

Dalam membuat aplikasi android kamu memerlukan software untuk dipakai oleh android developer. Kini telah muncul berbagai macam software pembuat aplikasi android secara gratis. Berikut beberapa software terbaik untuk membuat aplikasi android.

  1. Android Studio

Anroid studio adalah Integrated Development Environmen (IDE) yang menghubungkan atau merancang aplikasi berbasis android resmi dari google. Google menganggap android memiliki masa depan yang bagus dan populer maka dari itu google membuat sebuat platform resmi yang didukung oleh google. Hal tersebut untuk mengembangkan aplikasi berbasis android dengan nama Android Studio yang dirilis pada tahun 2013.

Android studio memiliki fitur yang digunakan dengan mudah. Produktifitas untuk pengembangkan software ini diantaranya Android Studio memilili sistem yang fleksibel, dilengkapi dengan emulator yang cepat, ada instant run yang mendorong perubahan aplikasi tanpa membuat APK baru, temple kode dan integrasi gitllub untuk menbuat aplikasi dan mengimpor kode. Selain itu alat pengujian dan kerangkanya ekstensif sehingga menjadikan Android Studio sebagai software pembuat aplikasi android paling banyak digunakan.

  1. Xamarin

Software pembuat aplikasi android selanjutnya ada xamarin. Dikenal sebagai sebuah software development yang digunakan untuk membuat aplikasi moblie berbasis IOS, windows, dan android. Xamarin terdiri dari Xamarin Studio dan xamarin terintegrasi Microsoft Visual Studio. Xamarin Studio cocok untuk pengembang aplikasi komputer bersistem Macintosh, sedangan Microsoft Visual Studio lebih cocok bagi komputer bersistem operasi windows.

 

Keunggulan Xamarin yaitu bisa dengan mudah membuat aplikasi android. Selain itu pembuatan aplikasi native hanya dengan bahasa C# dimana semua bahasa bisa dilakukan dengan Java dan selalu mengupdte API terbaru dari goole atau apple untuk menyediakan dokumen, tutorial, support yang membantu user. Xamarin menjadi satu-satunya platform yang membolehkan pengguna untuk membuat aplikasi android dari Visual Studio dan Native IOS.

  1. Eclipse

membuat aplikasi android dengan eclipse

Eclipse adalah Integrated Development Environmen (IDE) yang bisa mengembangkan software aplikasi disemua plafform. Kamu bisa membuat aplikasi android dengan ecliose yang telah dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Java walaupun eclipse juga mendukung pengembangan bahasa pemrograman lain. Seperti C, C++, Perl, Php, dan Phyton. Google juga memberikan dukukungan penuh pada eclipse sebelum meluncurkan Android Studio. Eclipse juga banyak digunakan oleh android development untuk mengembangkan aplikasi android.

Software pembuat aplkasi android ini bersifat open source dan memiliki banyak plugin. Kini telah banyak pengguna beralih pada Android Studio karena fiturnya lebh lengkap dan didukung penuh oleh google. Akan tetapi eclipse juga tidak turun begitu saja, sejak tahun 2004 hingga saat ini eclipse telah memiliki banyak versi. Diantaranya ada Eclipse Galileo, Callisto, Hello, dan lainnya. Ini membuktikan bahwa eksistensi Eclipse juga tidak kalah dengan yang lain.

  1. App Inventor

Awalnya software pembuat aplikasi android ini dikembangkan oleh Google, tetapi sekarang telah dikelola oleh Massachusetts Institute of Technology (MIT). App Inventor memungkinkan bagi pengguna baru bisa memprogram komputer dan dapatmenciptakan aplikasi untuk perangkat lunak yang berbasis android. Menggunakan antarmuka grafis, memungkinkan pengguna untuk mendrop dan drag objek visual unuk membuat aplikasi android.

Dalam penciptaannya google telah melakukan riset yang berkaitan dengan edukasional dan menyelesaikan lingkungan pengembangan online. Jadi App Inventor digunakan untuk membuat aplikasi android yang sangat menyenangkan karena berbasis visual  block programming sehingga kamu bisa membuat aplikasi tanpa kode. Hal itulah yang disebutt visual block programming karena kamu akan melihat, menggunakan serta menyusun blok yang menjadi simbol erintah tertentu dalam membuat aplikasi android.

Cara Membuat Aplikasi Melalui Eclipse

Sebelum membuat aplikasi android dengan Eclipse kamu harus menginstal Java Development Kit (JDK) dan Java Rutime Environment (JRE) terlebih dahulu. Setelah itu pasanglah Android Developer Tool (ADT) Eclipse dan membuat Android Virtual Device (AVD). Setelah melakukan hal-hal tadi, maka selanjutnya kamu bisa mulai membuat aplikasi.

  1. Tentukan lokasi Project

Langkah pertama masuk aplikasi dan memasukan lokasi project. Setelah menentukan lokasi projectnta maka buka New Android Application Project yang akan menamplakn jendela pembuat aplikasi baru. Namai aplikasi dengan mengisi application name maka secara otomatis project name akan berubah sesuai nama yang telah dimasukkan. Terakhir mengubah package name secara manual. Perlu diingat jika kamu berencana akan mempublikasikan aplikasi tersebut di google play maka package name harus diisi dan bersifat unik.

  1. Pengaturan SDK

Langkah kedua dalam software pembuat aplikasi android ini yaitu dengan pengaturan SDK. Minimum required SDK merupakan batas versi android yang didukung oleh aplikasi, apabila diinstal pada versi android dibawah minuman maka aplikasi tidak bisa berjalan semestinya. Atur sesuai dengan apa yang kamu inginkan, jika sudah maka klik “next”.

  1. Atur ikon

Cara membuat aplikasi android dengan Eclipse selanjutnya mentukan ikon untuk aplikasi. Kamu bisa menggunakan gambar apa saja atau gambar yang sudah disediakan oleh Eclipse. Apabila kamu ingin menggunakan gambar sendiri maka pilihlah “image” sedangkan ingin menggunakan ikon yang telah tersedia pilihlah “clipart”. Lalu masukan teks yang kamu inginkan pada kolom “text” yang disediakan lalu tekan “next”.

  1. Atur Activity

Terakhir ada pengaturan activity. Atur activity name dan layout name sesuai dengan format yan telah disediakan. Biasanya activicty name dan layout name saling berhubungan, oleh karena itu masukanlah nama yang menunjukkan hubungan antara keduanya. Pastikan jika hubungan nama tersebut selaras.

  1. Pengecekan aplikasi

Setalah selesai mengatur activity maka kamu bisa klik “finish” yang artinya telah selesai. Tunggulah proses konfigurasi project android mu dalam beberapa saat. Jika sudah selesai kamu bisa melihat tampilan pada Eclipse Editor. Pada bagian ini kamu bisa mengatur berbagai hal termasuk mengbah coding program aplikasi. Jika sudah seperti ini maka kamu telah berhasil menjalankan software pembuat aplikasi android dengan Eclipse.

Itulah macam-macam software pembuat aplikasi android. Jika kamu sudah memilik basic di bidang pemorgaman maka menggunakan software tersebut bisa mengembangkan bakat mu. Pilihlah saftware yang sesuai dengan kebutuhan untuk memudahkan mu.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *