Trik Cara Upgrade Handphone Android Paling Mudah dan Pasti Berhasil

Bagi pengguna ponsel Android, ada yang mungkin sudah merasa kesal ketika hendak menggunakannya tapi semakin hari semakin lemot dan susah digunakan. Memang, itulah tanda-tanda sudah saatnya untuk ganti ponsel yang baru, tapi ada cara lain yang bisa dilakukan selain membeli ponsel baru. Yap, terdapat cara upgrade handphone Android untuk merefresh ponsel supaya tidak lemot lagi dan semakin tokcer ketika digunakan kembali. Cara upgrade Android bisa dilakukan salah satunya adalah dengan cara root Android tanpa PC. Meski memang bisa mengupgrade ponsel lewat PC, tapi cara ini yang akan dijelaskan nantinya pun sangat mudah untuk dilakukan.

Cara mengupgrade handphone Andorid ini sangat mudah dilakukan jika dilakukan oleh si pemilik ponsel atau ke service center tiap merk ponsel Android yang digunakan. Kali ini sistem operasi yang terbaru adalah Android Oreo, sebelum-sebelumnya terdapat beberapa sistem yang tak asing lagi, seperti Android Nougat, Marshmallow, Lollipop, KitKat, dan juga Jelly Bean. Nah cara flash handphone Android atau penginstalan ulang sistem operasi dilakukan karena adanya gangguan software, seperti bootloop, softbrick, bahkan untuk ponsel yang sudah mati dalam jangka yang lama pun bisa dihidupkan kembali. Tapi kembali lagi, tergantung dari merk handphone apa yang digunakan, karena cara flash handphone Android ini tidak bisa dilakukan di semua handphone.

Cara Upgrade Handphone Android

Cara upgrade handphone Android

Karena cara upgrade handphone Android ini akan mendatangkan keuntungan bagi sang pemilik ponsel, akan sayang sekali jika tidak dilakukan. Meski memang handphone keluaran terbaru banyak yang memikat hati, tapi jika ponsel yang digunakan masih bagus dan hanya perlu di ugrade Osnya saja, kenapa tidak? Nah berikut ini terdapat cara upgrade handphone Android, cara root Android, dan flash handphone Android yang bisa dilakukan sendiri dengan mudah:

  1. Cara Upgrade Handphone Android:

Beberapa cara upgrade handphone Android terbaru ini bisa diaplikasikan secara langsung tanpa harus susah-susah ke services center loh. Hanya perlu sambungan WiFi saja, nantinya langkah-langkah berikut ini bisa dilakukan.

  • Melalui Over The Air (OTA)

Nah cara upgrade handphone Android yang pertama adalah dengan menggunakan OTA yang sudah ada di handphonemu. Setelah mengaktifkan sambungan WiFi, langsung saja menuju ke pengaturan dan scroll sampai bawah, hingga menemukan “about phone atau tentang handphone”. Lalu klik “update”, kemudian tap “check for updates atau periksa pembaharuan”, nantinya Android akan mencari pembaharuan sistem yang tersedia. Setelah itu akan muncul tombol “update” pada bagian atas menu, lalu klik “install” kemudian proses penginstalan OS akan dimulai, dan selesai.

  • Menggunakan Rooting Room

Yang kedua untuk cara upgrade handphone Android memang harus menggunakan PC atau laptop, tapi tetap akan sangat mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan download dan install terlebih dahulu aplikasi root di PC atau laptop, lalu hubungan handphone dengan PC menggunakan kabel USB. Setelah itu bisa langsung memulai proses rooting dan biarkan sistem menyelesaikan proses upgrade dengan baik. Jika sudah, restart handphone dan sistem operasi yang baru pun sudah terpasang di handphone.

  1. Cara Root Android Tanpa PC:

Memang dengan root Android menggunakan PC akan memberikan beberapa keuntungan, tapi ada juga beberapa risiko yang akan didapat. Nah root handphone sendiri adalah fitur di mana pengguna bisa mendapatkan kendali serta akses penuh terhadap handphone atau perangkat lain yang dimilikinya. Tapi, beberapa memilih cara root Android tanpa PC agar lebih mudah dilakukan hanya dengan handphone dan tidak ribet. Berikut ini beberapa cara upgrade lainnya:

  • Menggunakan KingRoot

Sebagai aplikasi root Android terbaik dan telah didukung pula oleh banyak handphone dalam upgrade Android, KingRoot akan sangat memudahkan pengguna dalam cara root Android tanpa PC. Pertama-tama download dulu aplikasi KingRoot di playstore, lalu buka aplikasi dan klik tombol yang tersedia pada layar dan tunggu terlebih dahulu, karena aplikasi sedang membaca sistem handphone apajah bisa menggunakan KingRoot atau tidak. Jika sudah KingRoot akan melakukan upgrade dengan sendirinya, tanpa kita harus klik tombol sana dan sini. Sangat mudah bukan?

  • Mengunakan Framaroot

Apabila ketika menggunakan KingRoot ternyata tidak bisa membaca sistem pada handphone, maka bisa menggunakan aplikasi Framaroot, sebagai cara root Android tanpa PC. Sama seperti KingRoot, Framaroot ini pun juga caranya sangat ringkas. Nah caranya cukup mudah, hanya perlu menginstall Framaroot, lalu jika sudah klik Install Superuser atau SuperSU, lalu pilih Aragorn atau Gandalf, tapi lebih disarankan untuk menggunakan Gandalf. Setelah itu, tunggu proses sampai mendapatkan notifikasi bahwa pembaruan sistem operasi sudah selesai.

  • Menggunakan KingoRoot

Nah cara root Android tanpa PC selanjutnya ini juga sangatlah mudah, hanya sekali klik langsung selesai. Dengan KingoRoot, sistem operasi yang lama akan digantikan dengan sistem operasi yang baru. Caranya, setelah download dan install aplikasi KingoRoot, bisa langsung klik pada bagian “one click root” dan selesai! Handphone kamu akan memiliki sistem operasi baru yang lebih cepat dan bisa melakukan kostumisasi juga loh.

  1. Cara Flash Handphone Android

cara flash handphone Android

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa cara flash ini dilakukan karena adanya gangguan pada software handphone. Nah dengan cara flash handphone Android yang akan dijelaskan, akan membuat handphone terhindar dari beberapa gangguan pada software.

  • Menggunakan Fitur Recovery

Cara flash handphone Android yang pertama bisa dilakukan dengan fitur recovery yang telah tersedia dalam ponsel. Caranya sangat mudah, pemilik ponsel tinggal masuk saja ke pengaturan handphone dan pilihlah menu recovery handphone, tapi sebelumnya jangan lupa untuk membackup data-data yang ada terlebih dahulu agar tidak hilang ya. Jika sudah, tinggal aktifkan proses recovery dan biarkan proses tersebut berjalan sampai selesai. Sayangnya sistem ini hanya bisa dilakukan pada handphone yang masih dalam keadaan menyala dan bisa digunakan ya, tidak diperuntukkan bagi handphone yang sudah mati.

  • Mengguakan Box Flasher

Cara flash handphone Android yang kedua adalah dengan menggunakan box flasher yang biasanya digunakan di service center. Memang harganya mahal, tapi dengan menggunakan box flasher akan sangat membantu dalam mengupgrade sistem operasi ponsel. Setelah install Box Flasher ke PC, pemilik handphone bisa menyambungkan handphone ke Box Flasher dengan menggunakan kabel flash yang ada. Jika sudah, jalankan software UFS dan pilih tipe smartphone di bagian kanan bawah toolbar UI setting dan klik pada toolbar check setelahnya. Pada bagian tipe smartphone, klik kolom produk dan pilih tipe ponsel, lalu isi bagian kolom MCU, PPM, dan CNT sesuai dengan tipe ponsel. Nah jika sudah bisa langsung klik start atau flash untuk memulai proses yang diinginkan.

Itulah beberapa cara upgrade handphone Android yang bisa dilakukan dengan mudah bagi ponsel yang telah lemot karena gangguan yang terjadi pada sistem operasi.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *